Sejarah Microsoft Excel Sampai Dengan Sekarang
Sejarah Awal Micosoft Excel
Microsoft excel adalah sebuah program aplikasi desktop yang berfungsi sebagai lembar kerja spreadsheet, yang dikeluarkan oleh microsoft untuk sistem operasi windows dan Mac OS. berikut ini sejarah microsoft excel dari tahun ke tahun sampai dengan saat ini. untuk versi terbaru dari microsoft excel adalah excel 2016 yang didalamnya sudah terdapat fitur yang sangat lengkap. dalam sejarah sebelum excel hadir di sistem operasi windows, ada aplikasi pengolah angka spreadsheet yang terlebih dulu hadir di MS DOS sebagai pengolah data adalah Lotus 1-2-3 yang dikembangkan oleh lotus software. Lotus 1-2-3 memiliki beberapa fitur kalkulasi yaitu Fungsi Matematika, Fungsi Statistik, Fungsi Hiperbolicus, Fungsi Ekonomi, Fungsi Logika, Fungsi String, & Fungsi Tabel yang pada saat itu terbilang cukup lengkap. akan tetapi karena kebutuhan tipe data yang semakin besar dan kompleks dinilai masih banyak kekurangan.
sejarah microsoft excel
dikarenakan dinilai Lotus 1-2-3 masih banyak kekurangan, pada tahun 1982  Microsoft membuat sebuah aplikasi program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yaitu cikal bakal excel.dengan tujuanya adalah bisa melakukan apa yang dapat dilakukan lotus 1-2-3 dan bagaimana bisa lebih baik lagi”. Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 excel versi 2.0 dan versi Windows menyusul pada November 1987.pada saat itu lotus terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows. pada akhirnya tahun 1988 Excel secara perlahan menggeser keberadaan lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan developer aplikasi perangkat lunak untuk komputer desktop yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang kuat bagi lotus 1-2-3 dan bahkan microsoft mampu mengembangkannya lebih baik lagi.
Sejarah Microsoft Excel dan Perkembangannya
dalam perjalannanya microsoft tidak banyak melakukan perubahan yang signifikan. Sebelumnya microsoft telah meluncurkan Excel versi 3.0 pada tahun 1990 dan Excel versi 4.0 pada tahun 1992. Di tahun 1993 inilah Microsoft pertama kali menambahkan Fitur macro dan Visual Basic for Application pada Excel 5.0 yang mampu membuat dan melakukan tugas atau pekerjaan secara otomatis di Excel. tidak hanya itu excel 5.0 juga menyajikan User-Defined Functions (UDF) untuk digunakan dalam worksheet. Penambahan VBA macro ini dinilai sebagai salah satu penambahan yang bagus pada saat itu, namun sayangnya kelebihan ini menjadi titik lemah dimana Excel menjadi target bagi virus-virus macro. Karena banyak kejadian pelaporan yang mengeluhkan tentang virus yang menyisip otomasi macro ini, Mircrosoft akhirnnyamembuat sebuah keputusan dengan menambahkan Fitur untuk disable macro secara keseluruhan.
Berikut daftar lengkap versi Ms excel:
Sejarah microsoft excelversi microsoft excel dari awal
Untuk versi terakhir microsoft mengeluarkan Excel 2016 dengan yang berjalan pada Sistem operasi Windows 10, windows 7, windows 8,Windows 8.1,dan windows server 2016. Demikian sejarah microsoft excel secara singkat. Semoga memberikan wawasan lebih untuk kita semua.