Eksistensi Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran (Prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran) memiliki sejarah panjang, yang tidak terpisahkan dari sejarah Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).  UPI lahir tahun 1954 dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Tahun 1958, PTPG memiliki Jurusan Ekonomi dan Hukum. Jurusan ini pada tahun 1960 dikembangkan menjadi dua jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi dan Jurusan Hukum.  Tahun 1962, Jurusan Ekonomi berubah nama menjadi Jurusan EKPA (Ekonomi Keuangan Perniagaan dan Administrasi) di bawah FKPS (Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial) IKIP Bandung. Tahun 1965 Jurusan EKPA dikembangkan menjadi tiga jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Umum (Ekum), Jurusan Ekonomi Perusahaan (Ekper), dan Jurusan Administrasi, di bawah Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS).
Selanjutnya, seiring dengan perubahan FKIS menjadi FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) tahun 1983, ketiga jurusan tersebut digabungkan menjadi satu jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Dunia Usaha yang memiliki empat program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Program Studi Tata Perkantoran, dan Program Studi Koperasi. Di samping program S-1, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha menyelenggarakan program diploma, yaitu Program Pendidikan Tata Buku (D-3), Program Pendidikan Tata Niaga (D-3), Program Pendidikan Keterampilan Jasa (D-2 dan D-3), dan Program Pendidikan Koperasi (D-3).
Pada tahun 1995 Jurusan Pendidikan Dunia Usaha berubah nama menjadi Jurusan Pendidikan Ekonomi, dengan program studi: Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Pendidikan Ekonomi dan Koperasi. Mulai tahun 2000 sejalan dengan wider mandate di Jurusan Pendidikan Ekonomi dibuka program studi nonkependidikan, yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen.  Tahun 2009, Jurusan Pendidikan Ekonomi, ditetapkan oleh UPI, menjadi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), dengan enam program studi, yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Manajemen Bisnis, Pendidikan Manajemen Perkantoran, Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen.